Makam Rempeg jogopati di Tosari

Angin sepoi- sepoi menerpa,seakan -akan mau berbisik dan bercinta dengan awan hitam yang putih bergulung-gulung perkasa. diantara mendung dan hujan yang ingin mencari kejelasan turunnya air perjalanan terus memasuki desa tosari .

sambil terus berjalan mencari lokasi situs, kami juga mengamati kiling/kincir angin yg bertengger di sepanjang tepian jalan menuju tosari tempat situs mas Rempeg.desa tosari terletak tidak jauh dari desa macanputih tempat petilasan danpelecutan prabu Tawang Alun.

Killing di desa tosari

killing

Situs makam rempeg jogopati jarang di ketahui oleh masyarakat sekitar.padahal letaknya tidak jauh dimana masyarakat tinggal.seperti yg dialami penulis sendiri ,ketika menanyakan tempat situs ini kebanyakan menggeleng tanda tidak tahu.
Seperti kita ketahui Mas Rempeg alias P.Jogopati adalah ksatria dari tlatah blambangan yg semasa hidupnya adalah tokoh yang antipati dengan dominasi asing .baik itu penjajah dari dalam/mataram ataupun dari luar seperti belanda.salah satu ciri karakter khas prajurit Blambangan yaitu tidak mau takluk atau ditaklukkan oleh pihak luar .siapapun adanya.hingga munculah Rempeg Jagapati dan Sayu Wiwit. Tidak puas terhadap pemerintahan Bupati tunjukan VOC yang ternyata korup, Jagapati menghimpun rakyat Blambangan di benteng Bayu. Ribuan penduduk rela meninggalkan desa mereka untuk bergabung dengan Jagapati.dan pecahlah Puputan Bayu yg banyak menelan kerugian dikedua belah pihak.

situs makam Rempeg Jogopati

situs makam

Situs makam

Situs makam

Tak jauh dari situs makam mas Rempeg,juga terdapat makam senopati laskar bayu .yaitu senopati Ronggo sutoto.menurut masyarakat ditempat makam senopati juga sering di jumpai orang berwarna merah menyala.masyarakat meyebutnya ” Kik Abang”.
penulis juga heran, yaitu tanah yang disekitar makam yg pd waktu dipoto berwarna biasa/coklat , tetapi pd saat dilihat hasil gambar poto di sekitar makm berubah warna agak kemerahan

makam Kik abang/senopati Ronggosutoto. tanahnya berubah merah

diantara makam Rempeg Jogopati dan senopati Ronggosutoto, terdapat juga makam yg dikeramatkan, yaitu makam buyut Sakiyan.menurut masyarakat, Buyut sakiyan juga salah satu laskar bayu kepercayaan di tlatah blambangan

Makam buyut Sakiyan

penulis meyakini bahwa benar apa yang disampaikan oleh masyarakat bahwa kuburan-kuburan yang tercecer adalah kuburan para laskar bayu.dapat di bayangkan Akibat perang yang menelan korban sekitar 60 ribu orang, dan penduduk Blambangan hanya tersisa sekitar 5 ribu jiwa saja . habisnya penduduk Blambangan akibat perang.
Jadi sangat memungkinkan bila Banyak makam leluhur yang berserakan yang terdapat di sawah,bukit ataupun pemakaman umum ,dari bayu sampai ujung tlatah blambangan adalah tempat peristirahatan terakhir laskar-laskar blambangan yg telah gugur.

Rofik Laros

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: